Sabtu, 02 Oktober 2010

Kebudayaan Indonesia ( Jawa Barat)


     Indonesia sering di katakan sebagai negara terkaya, mungkin itu memang benar karena di indonesia banyak sekali keanekaragaman Budaya,Bahasa,Agama,Ras dll. Mungkin Indonesia kaya akan hayati dan non hayati,namun Indonesia belum bisa mengolah semuanya dengan baik,bahkan banyak budaya yang diklaim oleh negara lain.Oleh karena itu bagi generasi muda saat ini dan untuk ke depannya dapat melestarikan dan menjaga budaya negara sendiri.

     Seperti kebudayaan Jawa Barat, budaya Jawa Barat banyak sekali contohnya saja seperti pencak silat,tari jaipong,kacapi suling, dll. itu masih sebagian kecil budaya jawa barat.

      Misalnya saja seperti :
 
Keterangan :
  • Pencak Silat, pencak silat merupakan suatu seni bela diri yang banyak manfaatnya. Pencak silat terdiri dari empat aspek, seperti : Aspek bela diri,aspek seni budaya,aspek mental spritual,dan aspek olahraga. Ke empat aspek tersebut sangatlah penting dalam persilatan.  
  • Tari Jaipong, merupakan suatu seni tari yang indah yang dapat menggiatkan para seni tari untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang perhatian. Tari Jaipong bisa di pertunjukan oleh satu orang bahkan bisa lebih dari satu,dua orang. Tari jaipong di iringi oleh musik yaitu Degung.
  • Kacapi Suling, merupakan alat musik sunda yang menghasilkan suara indah apabila di mainkan. Bentuk kacapi ada dua macam yaitu kacapi siter dan kacapi parahu. Juga kacapi kacapi rincik, merupakan sebuah kacapi yang lebih kecil yang terdiri dari 15 dawai.
Mungkin itulah sebagian dari budaya Jawa Barat, tapi masih banyak lagi selain dari contoh-contoh di atas. Maka dari itu sangat perlu sekali dalam menjaga dan melestarikan budaya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar