Minggu, 21 November 2010

MANUSIA DAN PENDERITAAN


MANUSIA DAN PENDERITAAN

A.Penderitaan
       merupakan suatu sebagian dari Makhluk Hidup seperti Manusia,Hewan,dan Tumbuhan. Penderitaan ini sangatlah erat dengan makhluk hidup terutama manusia dengan alam sekitar. Tapi yang Maha Kuasa memberi penderitaan kepada Makhluk Hidup tidak melebihi batas kemampuannya. Allah memberi cobaan kepada makhluknya secara bertingkat atau bertahap, cobaan ini untuk menguji iman makhluknya karena Allah sayang terhadap umatnya.Tapi terkadang umatnya tidak pernah bisa atau sadar mengendalikan ujian yang allah berikan.
Penderitaan begitu erat dengan manusia maka dari itu penderitaan bagian dari kehidupan manusia. Penderitaan ini dapat berupa :
  • ·         Penderitaan Bencana Alam seperti longsor,banjir,gunung merapi meletus,gempa dll.
  • ·         Penderitaan Penyakit
  • ·         Penderitaan yang di sebabkan karena perilaku manusia itu sendiri.
  • ·         Penderitaan fisik dan sosiologi.
  • ·         Dan penderitaan lainnya.
B.PERJUANGAN SETELAH dan sebelum dalam MENGHADAPI PENDERITAAN

      Setiap makhluk hidup setelah atau selama mengalami penderitaan mereka selalu berusaha menghadapinya dengan sebuah perjuangan,perjuangan tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan atau dilaksanakan.
Arti dari sebuah perjuangan bisa dibilang suatu kerja keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan dan harapkan. Tapi perjuangan ini adalah perjuangan untuk lepas dari masalah penderitaan. Biasanya terjadi pada makhluk hidup yang sempurna yaitu manusia. Manusia memperjuangan dari penderitaan dengan cara berdoa dan berikhtiar(berusaha). Apabila hanya doa saja tanpa di sertai usaha maka tidak akan mendapatkan hasil,begitu pula sebaliknya.

c. akhir dari sebuah perjuangan

      Setelah manusia mengalami perjuangan dalam menghadapi penderitaan maka timbullah sebuah akhir perjuangan yaitu berakhirnya sebuah penderitaan. Yang selama mengalami dan memperjuangkan penderitaan dengan berdoa dan berusaha. Maka manusia lepas dari semua penderitaannya.

D. AKIBAT DARI SEBUAH PENDERITAAN

      Lalu timbullah akibat dari suatu penderitaan yang di alami manusia adalah manusia dapat mengambil hikmahnya tapi ada pula yang membuat manusia itu trauma dalam menjalni hidupnnya setelah mengalami penderitaan itu. Efek dari akibat penderitaan sangatlah berpengaruh dalam menjalani kehidupan. Tergantung bagaimana manusia tersebut mengambil hikmahnya setelah mengalami dan memperjuangkan lepas dari pernderitaan.

e. sumber penderitaan pada manusia(makhluk hidup)
            1.      Pikiran
            Merupakan suatu jalan pemikiran pada manusia. 
2.Nafsu  
Nafsu merupakan suatu dorongan dalam diri manusia dalam menjalani hidupnya
3.Perasaan
 Perasaan merupakan sesuatu psikis yang terdapat dalam batin manusia
4. keinginan
 Keinginan merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh manusia dalam menjalani hidup.

f. kesimpulan dari manusia dan penderitaan

      Manusia dan penderitaan sangatlah erat, manusia tidak akan pernah lepas dari penderitaan. Karena Tuhan selalu memberikan cobaan kepada makhluknya untuk menguji kesabaran dan iman makhluknya. Terus manusia harus berjuang agar terlepas dari penderitaan,kemudian setelah mengalami penderitaan maka timbullah akibat dan hikmah dari penderitaan. Intinya manusia tidak akan pernah lepas dari penderitaan tapi harus disertai doa dan berusaha dalam menghadapi penderitaan, agar mudah menghadapi penderitaan dan mendapatkan hikmah untuk menjalani hidup yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar