Minggu, 21 November 2010

PELABUHAN RATU


A.LETAK KABUPATEN SUKABUMI

      Kabupaten Sukabumi terletak di kota Pelabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu merupakan teluk,maka dari itu disebutlah Teluk Pelabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu merupakan kota yang sangat pesat, semenjak kantor Pemerintah Daerah pindah lokasi yang bertempat langsung di Pelabuhan Ratu, langsung benar-benar mengalami kemajuan. Mungkin kemajuan tersebut dalam bidang perikanan,di Pelabuhan Ratu terdapat dua TPI(Tempat Pelelangan Ikan) yaitu yang pertama di Pelabuhan Ratunya ke dua di Daerah Pajagan kecamatan Cisolok. Di mana para nelayan,warga sekitar dan para pengunjung banyak yang melakukan transaksi jual beli ikan.Bahkan di pelabuhan Ratu ada Direktorat Penangkapan Pelabuhan Perikanan Nusantara Pelabuhan Ratu di bawah Departemen Kelautan dan Perikanan yang bertugas mengurus, mengatur dan melayani serta mengelola wilayah pelabuhan ratu dalam sektor perikanan dan kelautannya.

B.TEMPAT PARIWISATA YANG ADA DI SEKITAR PELABUHAN RATU 
                                                                 
      Tapi pemerintah sekitar belum bisa mengelola tempat pariwisata Pelabuhan Ratu dengan maksimal. Seperti pantai Karang Hawu,dan pantai cimaja. Pantai karang hawu merupakan tempat pariwisata yang sangat di minati para pariwisata, apalagi hari-hari besar seperti hari lebaran dan tahun baru, pasti macet banget.  Tapi pemerintah sekitar belum bisa menata pantai tersebut menjadi nyaman baru setengahnya yang telah di tata.
Padahal wilayah ini tidak hanya pantai saja, tapi tempat pemandian air panas pun ada, air terjun pun ada yang berlokasi di cipanas ke dalamnya, sayangnya juga masih belum bisa di kelola dengan baik, padahal apabila di kelola dengan baik akan mendatangkan assets yang besar bagi pendapatan pemerintah sekitar dan pendapatan warga sekitar pun meningkat. 

     Terus pantai cimaja merupakan tempat di mana para orang asing berkumpul untuk melakukan aktivitas surfing, sampai sering di adakan lomba selancar.Tempat ini banyak orang asing, sampai ada yang membuka restoran dan penginapan. Tapi yang paling di tuju oleh mereka adalah surfingnya. Tapi fasilitas di sana belum maksimal juga.

C.HARAPAN UNTUK PELABUHAN RATU

     Akankah Pantai Pelabuhan Ratu seperti Pantai Bali?????? Hmmmm, mudah-mudahan bisa itu harapan saya, karena apabila Pantai Pelabuhan Ratu seperti Bali pendapatan pun meningkat bagi masyarakat sekitar.
Apabila pemerintah dapat menjalaninya dengan baik untuk kemajuan nelayan sekitar maka kehidupan masyarakat sekitar akan baik,dan keindahan tempat pariwisata pun akan terjaga.

     Palabuhan Ratu memiliki pantai dan laut yang indah yang masih alami,maka dari itu ke asrian laut dan pantainya harus tetap terjaga,tapi harus di bantu oleh pemerintah sekitar dan masyarakatnya. Laut tersebut merupakan sumber mata pencaharian untuk para nelayan.








Sumber Gambar : google (pict palabuhan ratu)

0 komentar:

Posting Komentar