Rabu, 24 November 2010

SURAH YA'SIN


SURAH YA’SIN

1.PENGERTIAN SURAH YA’SIN

      Surah ya’sin adalah surah ke 36 dalam AL-Qur’an yang terdiri atas 83 ayat.Surah ini termasuk surah Makiyyah. Pokok-pokok surah Ya’sin meliputi akidah umat sebelum Nabi Muhammad SAW. Perjuangan Rasul-rasul Allah SWT dalam menyampaikan risalah kenabian ,ke agungan Allah SWT,dan keanekaragaman perilaku manusia.

      Surah ya’sin dimulai dengan sumpah Allah SWT yang menegaskan bahwa Nabi Muhammad  SAW adalah utusan Allah SWT untuk memperingatkan semua manusia yang belum di peringatkan pada masa sebelumnya. 

     Menurut Ibnu Abbas R’A dan riwayat lain, kalimat ya’sin merupakan salah satu dari sumpah Allah SWT,nama Allah SWT,nama Al-qur’an atau nama Nabi Muhammad SAW.

2.HIKMAH/MANFAAT  DARI SURAH YA’SIN

     Banyak ulama menganjurkan untuk terus menerus membaca surah Ya’sin,terutama pada malam jumat . Nabi Muhammad SAW bersabda mengenai keutamaan surah Ya’sin:
  • “Hati Al-qur’an adalah surah Ya’sin .Allah SWT mencatatkan pahala bagi pembaca sebanding dengan membaca Al-qur’an sepuluh sekali.”
  •  “Barang siapa membaca surah Ya’sin pada malam jumat,maka Allah SWT memberikan keimanan yang kukuh.”
  • "Barang siapa membaca surah Ya’sin pada suatu malam karena mengharapkan ridho Allah SWT mengampuni dosa-dosanya yang lampau dan ke esokan harinya.”
  •  “Barang siapa membaca surah Ya’sin maka Allah SWT menolak segala keburukan dan memenuhi segala kebutuhannya .” 
  •   “Barang siapa membaca surah Ya’sin di depan orang yang menghadapi sakaratulmaut,maka Allah SWT meringankan dan mempermudah keluarnya ruh.”
  • “Barang siapa berziarah ke kuburan,lalu membaca surah Ya’sin,maka Allah SWT meringankan siksa seluruh ahli kubur pada waktu itu.Selanjutnya,pembaca surah Ya’sin memperoleh pahala yang sama dengan jumlah pahala ahli kubur yang ada.”
sumber : Al-qur'an ( PENERBIT J-ART)

0 komentar:

Posting Komentar