Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian
Pembelian adalah suatu transaksi yang
dilakukan antara konsumen dan produsen, disini terjadi suatu tawar menawar. Tentu
konsumen ingin mendapatkan barang sesuai kebutuhan dan keinginannya dengan
harga yang relative murah, berkualitas dan bermerk. Konsumen tidak akan diam
dalam mendapatkan barang yang ingin dibeli pasti ada alternative yang
dilakukan. Berikut ini proses dalam pengambilan keputusan dalam pembelian :
1.
Pengenalan masalah
(problem recognition)
2.
Pencarian informasi
(information source
3.
Mengevaluasi alternatif
(alternative evaluation)
4.
Keputusan pembelian
(purchase decision)
5.
Evaluasi pasca pembelian
(post-purchase evaluation)
Didalam
Wikipedia terdapat lima faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan
keputusan pembelian, yaitu :
1.
Motivasi
(motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk
mencapai tujuan tertentu.
2.
Resepsi
(perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau
kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap
rangsangan tersebut.
3.
Pembentukan
sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri sesorang
yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4.
Integrasi
( integration)merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integritasi merupakan
respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong
seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad
seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar