Minggu, 04 November 2012

Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian


Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian

Pembelian adalah suatu transaksi yang dilakukan antara konsumen dan produsen, disini terjadi suatu tawar menawar. Tentu konsumen ingin mendapatkan barang sesuai kebutuhan dan keinginannya dengan harga yang relative murah, berkualitas dan bermerk. Konsumen tidak akan diam dalam mendapatkan barang yang ingin dibeli pasti ada alternative yang dilakukan. Berikut ini proses dalam pengambilan keputusan dalam pembelian :
1.     Pengenalan masalah (problem recognition)
2.     Pencarian informasi (information source
3.     Mengevaluasi alternatif (alternative evaluation)
4.     Keputusan pembelian (purchase decision)
5.     Evaluasi pasca pembelian (post-purchase evaluation)
Didalam Wikipedia terdapat lima faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian, yaitu :
1.     Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
2.     Resepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
3.     Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri sesorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
4.     Integrasi ( integration)merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integritasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.



0 komentar:

Posting Komentar