Minggu, 04 November 2012

Pengaruh Situasi


Pengaruh Situasi

Situasi adalah suatu keadaan yang sedang terjadi disekitar kita atau yang kita sedang rasakan. Sedangkan menurut belik ( 1975 ) , mendifinisikan situasi sebagai semua faktor yang utama terhadap tmpat dan situasi yang tidak menurut pengetahuan seseorang ( intra individu ) dan stimulasi ( alternative pilihan ) dan memiliki bukti dan pengaruh sistimatis pada prilaku saat itu. Pengaruh situasi dapat mempengaruhi diri sendiri baik dalam segala apapun, karena dorongan dari lingkungan sekitar. Pengaruh Situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek (Engel, et.al ,1994). Jenis-jenis situasi konsumen sebagai berikut :
1.     Situasi komunikasi, adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi atau melakukan komunikasi
2.     Situasi pembelian, adalah lingkungan atau suasana yang dialami/dihadapi konsumen ketika membeli produk dan jasa
3.     Situasi pemakaian, adalah situasi penggunaan produk dan jasa merupakan situasi atau suasana ketika konsumsi terjadi.
Situasi ini sering muncul secara tiba-tiba pada sekitar kita tanpa kita duga sebelumnya, misalkan kita saat akan pergi keluar tetapi keluarga kita tiba-tiba ada yang sakit tentu saja kita tak mungkin meninggalkannya, pasti kita menepatkan pada posisi saat itu juga pasti membatalkan untuk tidak pergi keluar, karena lebih dengan keluarga kita.



0 komentar:

Posting Komentar