Pengaruh
Situasi
Situasi adalah suatu keadaan yang sedang
terjadi disekitar kita atau yang kita sedang rasakan. Sedangkan menurut belik (
1975 ) , mendifinisikan situasi sebagai semua faktor yang utama terhadap tmpat
dan situasi yang tidak menurut pengetahuan seseorang ( intra individu ) dan
stimulasi ( alternative pilihan ) dan memiliki bukti dan pengaruh sistimatis
pada prilaku saat itu. Pengaruh situasi dapat mempengaruhi diri sendiri baik
dalam segala apapun, karena dorongan dari lingkungan sekitar. Pengaruh Situasi
dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul dari faktor yang khusus untuk
waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan
karakteristik obyek (Engel, et.al ,1994). Jenis-jenis situasi konsumen sebagai
berikut :
1. Situasi
komunikasi, adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi
atau melakukan komunikasi
2. Situasi
pembelian, adalah lingkungan atau suasana yang dialami/dihadapi konsumen ketika
membeli produk dan jasa
3. Situasi
pemakaian, adalah situasi penggunaan produk dan jasa merupakan situasi atau
suasana ketika konsumsi terjadi.
Situasi ini sering muncul secara tiba-tiba
pada sekitar kita tanpa kita duga sebelumnya, misalkan kita saat akan pergi
keluar tetapi keluarga kita tiba-tiba ada yang sakit tentu saja kita tak
mungkin meninggalkannya, pasti kita menepatkan pada posisi saat itu juga pasti
membatalkan untuk tidak pergi keluar, karena lebih dengan keluarga kita.
0 komentar:
Posting Komentar