Minggu, 04 November 2012

Pengaruh Klas Sosial dan Status


Pengaruh Klas Sosial dan Status

Manusia merupakan makhluk sosial, oleh karena itu manusia merupakan makhluk yang saling membutuhkan satu sama dengan lainnya, tidak akan pernah hidup tanpa orang lain atau kebersamaan. Didalam lingkungan tentu saja ada faktor pembeda baik dilihat secara internal maupun eksternal. Pendekatan yang sistematis untuk mengukur kelas sosial tercakup dalam berbagai kategori yang luas berikut ini: ukuran subjektif, ukuran reputasi, dan ukuran objektif dari kelas sosial. Kelas sosial di dalam masyarakat terbagi menjadi dua yaitu :
1.     Kelas sosial terbuka, yaitu sistem stratifikasi di mana setiap anggota masyarakatnya dapat berpindah-pindah dari satu strata / tingkatan yang satu ke tingkatan yang lain.
2.     Kelas sosial tertutup, yaitu stratifikasi di mana tiap-tiap anggota masyarakat tersebut tidak dapat pindah ke strata atau tingkatan sosial yang lebih tinggi atau lebih rendah.
Macam-macam status sosial sebagai berikut :
1.     Ascribed Status, yaitu tipe status yang didapat sejak lahir seperti jenis kelamin, ras, kasta, golongan, keturunan, suku, dan usia.
2.      Achieved Status, yaitu status sosial yang didapat sesorang karena kerja keras dan usaha yang dilakukannya.
3.      Assigned Status, yaitu status sosial yang diperoleh seseorang di dalam lingkungan masyarakat yang bukan didapat sejak lahir tetapi diberikan karena usaha dan kepercayaan masyarakat.
Kesimpulan :
Jadi lingkungan sekitar dapat menghargai kita jika kita mempunyai status dan klas sosial yang layak atau pantas. Apalagi di zaman globalisasi sekarang ini perkembangan dalam memenuhi kebutuhan semakin tinggi, mengejar status sosial saling bersaing agar mendapatkan suatu penghargaan di lingkungan sekiar.



0 komentar:

Posting Komentar