Pengaruh Kebudayaan Terhadap Pembelian
Dan Konsumen
Di zaman era
globalisasi sekarang yaitu semakin majunya teknologi dan semakin canggih, tentu
berpengaruh besar di pasar nasional maupun internasional. Para konsumen lebih
pintar dalam menentukan pembelian barang atau penggunaan jasa baik melalui
media maupun alat elektronik lainnya yang lebih mudah di akses dan cepat. Para
konsumen sekarang tidak mau sulit untuk mendapatkan suatu barang yang di
inginkan tanpa harus datang langsung ke tempatnya. Tapi melalui penjualan
online atau sering disebut online shop, maka konsumen dengan mudah akan
mendapatkannya. Dengan cara mentransfer kepada penjualnya kemudian penjual
mengirimkan barang tersebut kepada pembeli atau pemesan.
Selain itu
pengaruh kebudayaan pun berpengaruh bagi konsumen dalam menentukan pembelian.
Contoh : banyak anak muda sekarang meniru berpakaian seperti artis dalam negeri
maupun luar negeri, pola makan atau menu makanan, dan lain-lain.
menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan adalah
keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan,
kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan
lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Beberapa sikap dan perilaku yang dipengaruhi budaya,
meliputi : (James Engel,2002 :70).
a. Rasa dan ruang
b. Komunikasi dan bahasa
c. Pakaian, penampilan
d. Makanan dan kebiasaan makan
e. Waktu
f. Hubungan (keluarga, organisasi, pemerintah, dsbnya)
g. Nilai dan norma
h. Kepercayaan dan sikap
i. Proses mental dan pembelajaran
j. Kebiasaan kerja
0 komentar:
Posting Komentar