Selasa, 04 Desember 2012

Pengaruh Kebudayaan Terhadap Pembelian Dan Konsumen


   Pengaruh Kebudayaan Terhadap Pembelian Dan Konsumen

          Di zaman era globalisasi sekarang yaitu semakin majunya teknologi dan semakin canggih, tentu berpengaruh besar di pasar nasional maupun internasional. Para konsumen lebih pintar dalam menentukan pembelian barang atau penggunaan jasa baik melalui media maupun alat elektronik lainnya yang lebih mudah di akses dan cepat. Para konsumen sekarang tidak mau sulit untuk mendapatkan suatu barang yang di inginkan tanpa harus datang langsung ke tempatnya. Tapi melalui penjualan online atau sering disebut online shop, maka konsumen dengan mudah akan mendapatkannya. Dengan cara mentransfer kepada penjualnya kemudian penjual mengirimkan barang tersebut kepada pembeli atau pemesan.
Selain itu pengaruh kebudayaan pun berpengaruh bagi konsumen dalam menentukan pembelian. Contoh : banyak anak muda sekarang meniru berpakaian seperti artis dalam negeri maupun luar negeri, pola makan atau menu makanan, dan lain-lain.

menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Beberapa sikap dan perilaku yang dipengaruhi budaya, meliputi : (James Engel,2002 :70).

a. Rasa dan ruang
b. Komunikasi dan bahasa
c. Pakaian, penampilan
d. Makanan dan kebiasaan makan
e. Waktu
f. Hubungan (keluarga, organisasi, pemerintah, dsbnya)
g. Nilai dan norma
h. Kepercayaan dan sikap
i. Proses mental dan pembelajaran
j. Kebiasaan kerja



0 komentar:

Posting Komentar