Selasa, 04 Desember 2012

Sikap Motivasi Dan Mawas Diri


SIKAP MOTIVASI DAN MAWAS DIRI

SIKAP MOTIVASI
Sikap merupakan yang timbul dari pembentukan dari dalam diri dan bisa timbul dari lingkungan sekitar. Sedangkan motivasi adalah suatu semangat atau kemauan dari dalam diri dalam melakukan sesuatu hal. Menurut Wexley & Yukl (dalam As’ad, 1987) motivasi adalah pemberian atau penimbulan motif, dapat pula diartikan hal atau keadaan menjadi motif. Faktor yang mempengaruhi motivasi adalah Eksternal dan Internal. Eksternal terdiri dari beberapa yaitu sebagai berikut : Persepsi individu mengenai diri sendiri, Harga diri dan prestasi, Harapan, Kebutuhan, dan Kepuasan kerja. Internal terdiri dari beberapa yaitu : Jenis dan sifat pekerjaan, Kelompok kerja dimana individu bergabung, Situasi lingkungan pada umumnya, dan Sistem imbalan yang diterima.

MAWAS DIRI
Mawas diri merupakan suatu kedewasaan yang dimiliki manusia. Mawas diri bisa diartikan sebagai suatu penyesuaian didalam lingkungan. Sebagai manusia jika kita berada dalam suatu lingkungan maka kita mesti menyesuaikan dengan lingkungan tersebut, tapi kita lihat dulu lingkungan tersebut berpengaruh negatif atau positif. Jika berpengaruh negatif maka kita harus bisa merubah lingkungan tersebut ke positif, tetapi jika lingkungan tersebut positif maka berpengaruh baik untuk kita.

KESIMPULAN
Jadi sikap motivasi dan mawas diri saling keterkaitan didalam membangun suatu sikap didalam lingkungan kita berada. Maka bangunlah sikap moivasi yang positif agar menimbulkan suatu mawas diri yang positif juga.


0 komentar:

Posting Komentar