Kamis, 10 Januari 2013

Pengaruh Konsumen Terhadap Pasar


Pengaruh Konsumen Terhadap Pasar

Pengaruh konsumen tentu sangat penting dalam suatu kegiatan transaksi jual-beli di tempat perbelanjaan seperti pasar tradisional, mini market, maupun supermarket. Prilaku konsumen dapat memperkirakan situasi dilapangan karena mereka yang melakukan kegiatan secara langsung. Biasanya dari situlah para produsen dan distributor dapat memperkirakan barang apa sajakah yang sedang diminati konsumen bahkan produsen akan mempertmbangkan harga sesuai dengan konsumen sekitar dan pendapatannya. Pengaruh konsumen bisa dikatakan sebagai pengaruh besar dalam perkembangan pasar.

 Pasar terbagi kedalam beberapa macam yaitu pasar nyata, pasar abstrak, pasar tradisional, dan pasar modern. Dan Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar yaitu : pasar lokal, pasar daerah, pasar nasional, dan pasar internasional. Pasar dapat di selenggarakan menurut waktu yaitu pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan dan pasar temporer.

Pasar juga ada menurut organisasinya yaitu :

1.      Pasar persaingan sempurna
2.      Dan pasar persaingan tidak sempurna

Didalam persaingan tidak sempurna terbagi menjadi 3 macam yaitu :

1.     Pasar monopoli & monopsoni
2.     Pasar persaingan monopolistis
3.     Pasar oligoponi & oligopsoni

Jadi dapat diartikan bahwa pasar merupakan suatu tempat dimana tempat berkumpulnya konsumen untuk melakukan transaki jual dan beli.

0 komentar:

Posting Komentar