Pengaruh
Konsumen Terhadap Pasar
Pengaruh
konsumen tentu sangat penting dalam suatu kegiatan transaksi jual-beli di
tempat perbelanjaan seperti pasar tradisional, mini market, maupun supermarket.
Prilaku konsumen dapat memperkirakan situasi dilapangan karena mereka yang
melakukan kegiatan secara langsung. Biasanya dari situlah para produsen dan
distributor dapat memperkirakan barang apa sajakah yang sedang diminati
konsumen bahkan produsen akan mempertmbangkan harga sesuai dengan konsumen
sekitar dan pendapatannya. Pengaruh konsumen bisa dikatakan sebagai pengaruh
besar dalam perkembangan pasar.
Pasar terbagi kedalam beberapa macam yaitu
pasar nyata, pasar abstrak, pasar tradisional, dan pasar modern. Dan Menurut
keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar yaitu : pasar lokal, pasar
daerah, pasar nasional, dan pasar internasional. Pasar dapat di selenggarakan
menurut waktu yaitu pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan
dan pasar temporer.
Pasar juga
ada menurut organisasinya yaitu :
1.
Pasar
persaingan sempurna
2.
Dan
pasar persaingan tidak sempurna
Didalam persaingan
tidak sempurna terbagi menjadi 3 macam yaitu :
1.
Pasar
monopoli & monopsoni
2.
Pasar
persaingan monopolistis
3.
Pasar
oligoponi & oligopsoni
Jadi dapat
diartikan bahwa pasar merupakan suatu tempat dimana tempat berkumpulnya konsumen
untuk melakukan transaki jual dan beli.
0 komentar:
Posting Komentar