KARANGAN ILMIAH
1)
Pengertian
Karangan Ilmiah
karangan
ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis
menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.
2)
Macam-macam
Karangan Ilmiah
a. Skripsi
Suatu karya tulis
Ilmiah yang dibuat oleh Mahasiswa untuk memenuhi syarat mendapat gelar Sarjana
(S1).
b. Tesis
karya tulis ilmiah
resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan Program Magister (S2). Tesis
merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam penelitian dan pengembangan
ilmu pada salah satu bidang keilmuan dalam Ilmu Pendidikan.
c. Desertasi
karya tulis ilmiah
resmi akhir seorang mahasiswa dalam menyelesaikan program S3 ilmu pendidikan.
Disertasi merupakan bukti kemampuan yang bersangkutan dalam melakukan
penelitian yang berhubungan dengan penemuan baru dalam salah satu disiplin ilmu
pendidikan.
3)
Jenis-jenis
karangan ilmiah
a. Riset
Berdasarkan Cara Pengumpulan Data
b. Riset
Berdasarkan Prosesnya
c. Riset
Berdasarkan Metode Analisa
4)
Sifat
Karangan Ilmiah
a. Lugas
dan tidak emosional
b. Logis
c. Efektif
d. Efisien
e. Ditulis
dengan bahasa Indonesia yang baku
5)
Perbedaan
Karangan Ilmiah
a. karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil
penelitian (faktual objektif).
b. karya ilmiah bersifat metodis dan sistematis.
c. dalam pembahasannya, tulisan ilmiah menggunakan ragam
bahasa ilmiah.
6)
Contoh
Karangan Ilmiah
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Di
era globalisasi dengan berbagai macam teknologi yang semakin maju, tentu sangat
mempengaruhi di dalam dunia perusahaan. sekarang ini banyak sekali
perusahaan-perusahaan yang maju walaupun persaingan antar perusahaan sangat
ketat dan tinggi. Perusahaan akan meninjau terlebih dahulu SDM ( Sumber Daya
Manusia) disaat ini, mungkin dizaman sekarang banyak sekali SDM yang
berkualitas karena mereka saat ini mengutamakan pendidikan yang
setinggi-tingginya. Mereka menempuh pendidikan yang tinggi agar mendapatkan
pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Tapi kenyataannya di era globalisasi
ini banyak sekali karyawan yang tidak sesuai dengan jurusan yang mereka tempuh,
yang diutamakan sekarang adalah softskillnya. Jika suatu karyawan mempunyai
softskill yang baik tentu akan berpengaruh pada kualitas kerja karyawan yang
sangat baik. Maka dari itu perusahaan akan merekrut karyawan dengan selektif agar
bisa menjadi suatu karyawan loyal didalam suatu perusahaan sehingga menciptakan
suatu produktivitas yang tinggi untuk di pasaran. Loyalitas adalah suatu
kesetiaan terhadap pekerjaan yang sedang dijalani dengan penuh tanggung jawab
dan patuh akan suatu profesi.
Suatu perusahaan
mendapatkan keuntungan dan bisa berkembang apabila mempunyai karyawan yang
produktif, tetapi apabila mempunyai karyawan yang tidak produktif mana mungkin
suatu perusahaan dapat berkembang dan bersaing dengan pesat. Perusahaan sering
juga menyebutkan bahwa karyawan sebagai investasi yang tinggi yang dapat
memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Perusahaan sering kali fokus
terhadap pada upaya peningkatan target, sehingga ini dapat menimbulkan efek
bagi karyawan. Efek tersebut seperti menganggap karyawan seperti mesin yang
terus menerus dalam bekerja. Seharusnya perusahaan memperhatikan para karyawan
karena mereka merupakan sumber daya manusia, maka dari itu perusahaan harus
dapat menjaga dan dapat memotivasi para karyawan agar tetap produktif.
Prduktivitas perusahaan itu di pengaruhi oleh produktivitas karyawan juga,
perusahaan harus tetap menjaga karyawan yang produktif agar tetap nyaman di
perusahaan tersebut. Produktivitas karyawan tidak hanya didukung di faktor
dalam tetapi harus dari faktor luar juga. karyawan biasanya termotivasi oleh
beberapa faktor seperti: Kompensasi, penghargaan, karier, dsb.
Salah satu usaha
perusahaan untuk meningkatkan kinerja bagi karyawannya dengan cara memberikan
kompensasi. Kompensasi merupakan yang diterima pekerja selama bekerja di
perusahaan atau ditempat kerja tersebut. Kompensasi tersebut baik berupa gaji,
upah, insentif, penghargaan, dll. Faktor kompensasi tersebut sangat berpengaruh
terhadap karyawan karena membuat semangat karyawan dalam menyelesaikan
pekerjaannya. Yang mempengaruhi kompensasi seperti: Penawaran dan Permintaan Tenaga
Kerja, kemampuan untuk membayar, produktivitas, dll. Apabila karyawan memandang
kompensasi mereka tidak memadai, maka prestasi kerja, motivasi maupun kepuasan
kerja mereka dapat menurun secara dramatis. Kompensasi harus diperhatikan
sungguh-sungguh, karena mencerminkan kepedulian suatu perusahaan terhadap
karyawan. Jadi kompensasi ini sangat penting dalam perannya suatu perusahaan,
karena mencakup dalam meningkatkan hasil outputnya hasil produksi yang baik.
Loyalitas akan membentuk karakter diri dan tanggung jawab dengan
sempurna. Loyalitas karyawan merupakan suatu pengabdian atau kesetiaan seorang
pekerja pada tempat dimana bekerja demi profesi yang ingin dicapainya. Jika
loyalitas seorang karyawan baik pada suatu perusahaan maka akan berpengaruh
pada produktivitas perusahaan, tentu saja ini merupakan suatu kemajuan yang
baik bagi perusahaan dalam memproduksi produk yang akan di pasarkan. Kualitas
karyawan bisa dilihat dari disiplin kerja dalam sehari-hari, jika disiplin
kerja karyawan dengan tinggi maka dapat meningkatkan input produk perusahaan
yang mendatangkan profit. Karena karyawan adalah aset yang dimiliki perusahaan
yang akan memajukan perusahaan tersebut. maka dari itu perusahaan harus
memperhatikan karyawan-karyawannya yang bekerja dengan baik dengan cara
memotivasi baik berupa upah, insentif, memberikan kesempatan kepada karyawan
untuk maju, memberikan rasa aman, memberikan fasilitas dan penghargaan. Dengan
cara seperti inilah akan muncul timbal balik dari karyawan bagi perusahaan,
tentu saja perusahaan akan menghasilkan suatu produksi yang baik di pasaran.
Akan tetapi tidak semua karyawan di perusahaan itu loyal, sehingga akan membuat
pekerjaan menjadi tidak produktif dengan efek jangka panjang pada kinerja dan
produktivitas perusahaan, tapi bagi karyawan yang tidak loyal pasti ada suatu
pelatihan. Dalam latihan ini akan membentuk psikologis menjadi tanggung jawab.
Produktivitas adalah sebagai perbandingan
antara keluaran (ouput) dengan masukan
(input), menurut Hasibuan prastyo dan wahyudi,2006). Suatu produktivitas
akan mengalami kenaikan jika ada sistem kerja, efiensi (waktu, bahan, tenaga),
teknik produksi, keterampilan tenaga kerja. Produktivitas dapat dilihat
hubungan antara waktu dan hasil yang diperlukan untuk menyelesaikan, semakin
singkat waktu yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diingikan maka sistem
akan menjadi produktif. Peningkatan produktivitas memerlukan komitmen untuk
perbaikan terus menerus yang melibatkan secara seimbang antar aspek manusia
(motivasi) dan aspek teknologi (teknik). Setiap upaya perbaikan produktivitas
akan mengurangi pemborosan yang ada dalam sistem, sehingga biaya per unit
produk akan berkurang. Didalam produktivitas harus ada pengukuran produktivitas
agar dapat membandingkan dengan produktivitas standar di perusahaan lain.
Produktivitas harus mengacu pada kebutuhan langsung dari perusahaan berkaitan
dengan tujuan perbaikan produktivitas dari perusahaan itu sendiri. Di dalam
sumber daya manusia (human resource department) ketika akan menetapkan
pengukuran produktivitas dilihat dari konsep kualitas, efektifitas, dan efiensi
sumber daya manusia.
1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang
akan dibahas dalam penelitian ini adalah:
1. Apakah
ada hubungannya loyalitas karyawan dengan produktivitas perusahaan?
2. Apakah
ada faktor-faktor yang mempengaruhi didalam produktivitas dan loyalitas
karyawan?
3. Apakah
karyawan yang loyal akan mendapatkan suatu timbal balik dari perusahaan?
4. Sesuai
apa tidak kompensasi yang diterima karyawan selama bekerja?
1.3
Batasan Masalah
Dalam penelitian ini saya akan menekankan Produktivitas
perusahaan, loyalitas karyawan dan kompensasi yang diterima karyawan selama
bekerja di perusahaan tersebut.
1.4
Tujuan Penelitian
1.Untuk menguji loyalitas karyawan di perusahaan Untuk menguji
pengaruh dominan produktivitas dengan menggunakan emperik.
2.Untuk melakukan pengkajian pengaruh kompensasi terhadap
produktivitas karyawan pada
1.5
Manfaat Penelitian
a)
Agar penulis dapat mengetahui tentang suatu loyalitas, kompensasi yang
berpengaruh terhadap produktivitas.
b)
Dapat memberikan manfaat bagi perusahaan tersebut dalam memperhatikan
karyawan-karyawannya.
c)
Dapat meningkatkan semangat kerja karyawan di perusahaan tersebut.
d)
Pembaca dapat mengetahui dan menambah wawasan tentang produktivitas dan loyalitas karyawan.
1.6 Data dan Variabel
1) Data
penelitian
Data
yang digunakan didalam penelitian ini :
a. Data
Primer adalah suatu data yang diperoleh penulis dengan cara observasi baik
berupa kuesioner maupun wawancara secara langsung sesuai dengan kebutuhan
didalam penelitian ini.
b. Data
Sekunder adalah data yang diperoleh oleh penulis dari dokumen perusahaan
langsung,
2) Variabel
Penelitian
Variable-variabel
yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut :
1) X ( Loyalitas )
2) Y ( Produktivitas )
3) X1 (Kesejahteraan Karyawan)
4) X2 ( Kompensasi )
5) X3 ( Motivasi )
Sumber
:
0 komentar:
Posting Komentar