Senin, 11 November 2013

Akibat Dari Limbah Industri

Teori :
          
 Industri di kawasan Jakarta memiliki jumlah yang cukup banyak, baik industri besar yang ternama sampai industri kecil pun ada. Mungkin industri memiliki dampak positif dan negatif untuk lingkungan sekitar seperti masyararakat yang tinggal di lingkungan pabrik. Mungkin limbah dari industri tidak dapat ditampung dalam satu kawasan saja, akan tetapi biasanya industri langsung berdekatan dengan sungai, atau yang mendekati sungai. Hal ini mempunyai tujuan agar dari limbah pabrik tersebut langsung dialirkan ke sungai. Hal ini sangat minim untuk memikirkan dampak dari pembuangan limbah yang dialirkan ke sungai begitu saja tanpa berpikir panjang. 

 Kasus :
 
Seperti yang pernah ada dalam berita tentang tercemarnya sungai di Kali Sunter oleh limbah indutri, kalinya penuh dengan busa. Tentu hal itu tidak bisa dibiarkan begitu saja, sampai Gubernur Jakarta pun turun kelapangan untuk melihat langsung yang terjadi. Kali ini tercemar dari limbah yang mengalir langsung, tentu semakin banyak limbah semakin numpuk dalam mencemari sungai, tapi masyarkat yamg tinggal di dekat sungai tersebut enggan untuk berkomentar. Akan tetapi pemerintah setelah melihat langsung maka tidak tinggal diam dalam mengatasinya. Karena ini dapat membuat masyarakat sekitar timbul berbagai penyakit. 

Analisis :

Dampak positif untuk lingkungan sekitar industri yaitu dpaat menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar, akan tetapi dampak negatif yang didapat oleh masyarakat dekat dengan pembuangan limbah(sungai) adalah kesehatan, tentu  jika menyangkut kesehatan maka resiko yang didapat sangat tinggi. Hal ini kadang diacuhkan oleh masyarakat karena air yang tercemar sering digunakan untuk kebutuhan sehari-sehari, seperti : mencuci, mandi, dll. 

Menurut saya solusi untuk mengatasi ini adalah menempatkan masyarakat yang jauh dari kawasan industri terutama pembuangan limbah industri, pembuangan limbah industri memakai pipa langsung dibuang ke tempat yg khusus pembuangan limbah, dan jika selama limbah masih bisa diolah kembali maka lakukan pengolahan agar lebih bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar