Minggu, 07 Oktober 2012

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN


Keputusan adalah sesuatu yang timbul dari suatu masalah yang sulit cara menyelesaikannya, sehingga timbul dorongan dalam diri untuk mencari penyelesaiannya, jika sudah mendapat penyelesaiannya maka akan di putuskan dari suatu masalah tersebut. Biasanya keputusan ini dilakukan oleh seorang manajer di dalam suatu perusahaan dalam memutuskan suatu permasalahan, ini sudah menjadi tanggung jawab manajer dalam pengambilan keputusan. 

Diterima atau pun ditolaknya suatu keputusan maka para karyawan harus bisa menerima hasil dari keputusan suatu manajer.
Masalah tidak akan muncul begitu saja didalam suatu pekerjaan, jika tidak ada suatu akibat dari perusahaan tersebut. Jika di perusahaan sudah mulai ada suatu permasalahan maka yang akan turun tangan langsung adalah seorang manajer. Sehingga seorang manajer itu mempunyai peranan penting dalam kemajuan suatu perusahaan.

Ada beberapa tahapan dalam proses pengambilan keputusan menurut Newman (1988) yaitu sebagai berikut :
  1. Pengenalan / identifikasi masalah
  2. Pendenifikasi tujuan
  3. Pengumpulan data yang di perlukan
  4. Identifikasi altenatif yang mungkin / layak
  5. Pemilihan kreteria untuk menentukan alternative terbaik
  6. Penentuan hubungan antara tujuan, alternative, data & criteria รจ membuat model.
  7. Memprediksi hasil dari setiap alternative
  8. Memilih alternative terbaik untuk mencapai tujuan


0 komentar:

Posting Komentar