Segmentasi
pasar merupakan suatu cara untuk melihat keadaan di sekitar masyarakat yang
melakukan suatu kegiatan dalam memenuhi kebutuhan sehingga akan terjadi suatu
pembagian pasar. Segmentasi pasar mempunyai karakteristik dan perilaku
masing-masing, segmentasi pasar ada yang bersifat heterogen dan bersifat homogen.
Didalam
proses segmentasi pasar ada beberapa tahapan atau langkah seperti berikut :
2. Mencari informasi dan mengumpulkan data
3. Dikembangkannya profil segmentasi
4. Ditetapkannnya konsekuensi pemasaran
5. Melihat potensi segmentasi pasar
6. Menganalisis peluang pasar
7. Kemudian ditetapkan untuk penguasaan pasar
Sedangkan untuk analisis geografis itu
sendiri merupakan bagian dari segmentasi pasar yang melihat dari suatu
tempat,atau pun pemukiman penduduk masyarakat sekitar. Didalam suatu pemasaran
produk harus dilihat dulu keadaan tempat yang harus disesuaikan dengan kondisi
sekitar, jangan sampai salah memasarkan produk.
Misal jika penduduk yang
tinggal di daerah dengan cuaca dingin tidak mungkin seorang produsen memasarkan
suatu produk pakaian tipis, sungguh itu tidak masuk dalam geografis penduduk
tersebut, seharusnya produsen memasarkan produk pakaian yang tebal-tabal.
Jadi bisa
diambil kesimpulan bahwa antara segmentasi pasar dengan analisis geografis
sangat berkaitan karena produsen harus meninjau suatu geografis dimana akan dilakukannya suatu
kegiatan pemenuhan kebutuhan dan keinginan suatu konsumen.
0 komentar:
Posting Komentar