Minggu, 07 Oktober 2012

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS GEOGRAFIS


Segmentasi pasar merupakan suatu cara untuk melihat keadaan di sekitar masyarakat yang melakukan suatu kegiatan dalam memenuhi kebutuhan sehingga akan terjadi suatu pembagian pasar. Segmentasi pasar mempunyai karakteristik dan perilaku masing-masing, segmentasi pasar ada yang bersifat heterogen dan bersifat homogen. 

Didalam proses segmentasi pasar ada beberapa tahapan atau langkah seperti berikut :

1.     Mengidentifikasi latar untuk segmentasi pasar 
2.     Mencari informasi dan mengumpulkan data 
3.     Dikembangkannya profil segmentasi 
4.     Ditetapkannnya konsekuensi pemasaran 
5.     Melihat potensi segmentasi pasar 
6.     Menganalisis peluang pasar 
7.     Kemudian ditetapkan untuk penguasaan pasar

Sedangkan untuk analisis geografis itu sendiri merupakan bagian dari segmentasi pasar yang melihat dari suatu tempat,atau pun pemukiman penduduk masyarakat sekitar. Didalam suatu pemasaran produk harus dilihat dulu keadaan tempat yang harus disesuaikan dengan kondisi sekitar, jangan sampai salah memasarkan produk. 
Misal jika penduduk yang tinggal di daerah dengan cuaca dingin tidak mungkin seorang produsen memasarkan suatu produk pakaian tipis, sungguh itu tidak masuk dalam geografis penduduk tersebut, seharusnya produsen memasarkan produk pakaian yang tebal-tabal.
 Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa antara segmentasi pasar dengan analisis geografis sangat berkaitan karena produsen harus meninjau suatu  geografis dimana akan dilakukannya suatu kegiatan pemenuhan kebutuhan dan keinginan suatu konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar