Senin, 28 Oktober 2013

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILIES (CSR)


CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILIES
(CSR)

     
     Teori :
 
       a)     Pengertian Corporate Social Responbilies (CSR)

             Menurut Kotler dan Nancy (2005) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan.
 b)     Manfaat Bagi Masyarakat
  • Mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan
  • Membuka ruang kerja dan kesempatan untuk meningkatka taraf hidup masyarakat
  • Turut membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan
  • Penyelesaian masalah lingkungan
  • Akan lebih menguatkan dan memberdayakan kehidupan masyarakat baik secara ekonomi,kelemba gaan sosial,dan memperkecil terjadinya konflik sosial.

         c)     Keuntungan Bagi Perusahaan

1.     Meningkatkan Citra Perusahaan
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.

2.     Memperkuat “Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan

3.   Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
      Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan   sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.

3.     Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.

4.     Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan   kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.

5.     Membuka Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan 
Para investor saat ini sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan yang telah melakukan CSR. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan, lebih memprioritaskan pemberian bantuan dana pada perusahaan yang melakukan CSR.

6.     Meningkatkan Harga Saham
Pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga akan meningkat.

          Artikel :
       Contoh perusahaan yang melakukan program CSR adalah PT indofood, program CSR yang dilakukan oleh PT Indofood :
   Indofood, sebagai Perusahaan Total Food Solutions memiliki kepedulian dalam upaya pengembangan penganekaragaman pangan dan ketahanan pangan nasional.Partisipasi dalam pengembangan ini kemudian diwujudkan melalui program Indofood Riset Nugraha (IRN) yaitu suatu program bantuan dana penelitian (research grant) bagi kalangan akademisi yang difokuskan pada penelitian bidang pangan. Program IRN adalah salah satu program CSR Indofood yang berada dalam pilar “Building Human Capital”
    
      Analisis  :
      Bagi perusahaan yang sudah menerapkan CSR tentu ini merupakan contoh bagi perusahaan lain sebagai sisi positif bagi perusahaan tersebut. CSR membawa pengaruh baik untuk perusahaan karena selain perusahaan menjalankan bisnis juga dapat menjalankan sosial dengan lingkungan sekitar, peduli akan sesama dan tumbuh tinggi rasa tanggung jawab untuk lingkungan.
      Perusahaan Indofood merupakan perusahaan yang menggunakan CSR yaitu dalam mengembangkan pangan nasional, tentu ini membantu dlm suatu pemberian dana untuk penelitian. Tentu ini memberikan positif untuk diluar perusahaan dan dalam perusahaan, karena perusahaan bergerak besar didalam pangan nasional. Sehingga Negara sendiri mampu membuktikan bahwa kita mampu dan memproduksi pangan yang berkualitas.
      
     Perusahaan Indofood 


http://gwadamakbar.wordpress.com/2012/01/24/pengertian-corporate-social-responsibility-csr/
http://lutfhiandhika.blogspot.com/2013/11/contoh-perusahaan-yang-menggunakan-csr.html
http://monckiss.blogspot.com/2012/11/corporate-social-responsibility-csr.html
 


0 komentar:

Posting Komentar