CORPORATE
SOCIAL RESPONSIBILIES
(CSR)
Teori :
a) Pengertian Corporate Social Responbilies (CSR)
a) Pengertian Corporate Social Responbilies (CSR)
Menurut Kotler dan Nancy (2005) Corporate Social Responsibility (CSR) didefinisikan sebagai komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas melalui praktik bisnis yang baik dan mengkontribusikan sebagian sumber daya perusahaan.
b)
Manfaat
Bagi Masyarakat
- Mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan
- Membuka ruang kerja dan kesempatan untuk meningkatka taraf hidup masyarakat
- Turut membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan
- Penyelesaian masalah lingkungan
- Akan lebih menguatkan dan memberdayakan kehidupan masyarakat baik secara ekonomi,kelemba gaan sosial,dan memperkecil terjadinya konflik sosial.
c)
Keuntungan
Bagi Perusahaan
1. Meningkatkan Citra Perusahaan
Dengan
melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai
perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
2. Memperkuat “Brand” Perusahaan
Melalui
kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan
produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan
produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan
3. Mengembangkan Kerja Sama dengan
Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
3. Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika
CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan
menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan
pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
4.
Menghasilkan
Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih
kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara
konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya
dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
5.
Membuka
Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
Para investor saat ini sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan yang telah melakukan CSR. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan, lebih memprioritaskan pemberian bantuan dana pada perusahaan yang melakukan CSR.
Para investor saat ini sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan yang telah melakukan CSR. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan, lebih memprioritaskan pemberian bantuan dana pada perusahaan yang melakukan CSR.
6. Meningkatkan Harga Saham
Pada akhirnya jika perusahaan rutin
melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan
konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah,
akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan
terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga
akan meningkat.
Artikel :
Contoh perusahaan yang melakukan program CSR adalah PT indofood, program CSR yang dilakukan oleh PT Indofood :
Indofood, sebagai Perusahaan Total Food Solutions memiliki
kepedulian dalam upaya pengembangan penganekaragaman pangan dan
ketahanan pangan nasional.Partisipasi dalam pengembangan ini kemudian diwujudkan melalui
program Indofood Riset Nugraha (IRN) yaitu suatu program bantuan dana
penelitian (research grant) bagi kalangan akademisi yang difokuskan pada
penelitian bidang pangan. Program IRN adalah salah satu program CSR Indofood yang berada dalam pilar “Building Human Capital”
Analisis :
Bagi perusahaan yang sudah menerapkan CSR tentu ini merupakan contoh bagi perusahaan lain sebagai sisi positif bagi perusahaan tersebut. CSR membawa pengaruh baik untuk perusahaan karena selain perusahaan menjalankan bisnis juga dapat menjalankan sosial dengan lingkungan sekitar, peduli akan sesama dan tumbuh tinggi rasa tanggung jawab untuk lingkungan.
Perusahaan Indofood merupakan perusahaan yang menggunakan CSR yaitu dalam mengembangkan pangan nasional, tentu ini membantu dlm suatu pemberian dana untuk penelitian. Tentu ini memberikan positif untuk diluar perusahaan dan dalam perusahaan, karena perusahaan bergerak besar didalam pangan nasional. Sehingga Negara sendiri mampu membuktikan bahwa kita mampu dan memproduksi pangan yang berkualitas.
Perusahaan Indofood
http://lutfhiandhika.blogspot.com/2013/11/contoh-perusahaan-yang-menggunakan-csr.html
http://monckiss.blogspot.com/2012/11/corporate-social-responsibility-csr.html
0 komentar:
Posting Komentar